STRUKTUR ORGANISASI WKS KESISWAAN

URAIAN TUGAS
WKS 2/ KESISWAAN

A. WKS 2

  1. Menyusun program kegiatan kesiswaan dan mengkoordinasi pelaksanaannya.
  2. Mengkoordinasi pelaksanaan dan pendampingan siswa.
  3. Memonitor dan mengevaluasi seluruh kegiatan kesiswaan.
  4. Merencanakan dan melaksanakan pendaftaran dan penerimaan siswa baru.
  5. Menegakkan disiplin tata tertib siswa.
  6. Mengkoordinasi program BP/BK.
  7. Pembinaan/pengembangan kepribadian siswa.
  8. Pembinaan OSIS dan ekstrakurikuler.
  9. Memperhatikan, memelihara, menjaga suasana sekolah (keamanan, kebersihan, kerapian, kesehatan, kekeluargaan dan kenyamanan).
  10. Memantau dalam pelaksanaan, pembuatan dan tindak lanjut  Buku Tata Tertib Siswa

B. STAF WKS 2 (ADMINISTRASI)

  1. Membantu dalam mengelola administrasi dan dokumentasi kesiswaan
  2. Mengarsip surat masuk dan surat keluar
  3. Mengagendakan Surat Masuk dan Surat Keluar
  4. Koordinasi dengan staf administrasi lain

C. STAF WKS 2 (ADMINISTRASI)

  1. Membantu dalam mengelola administrasi dan dokumentasi kesiswaan
  2. Mengarsip surat masuk dan surat keluar
  3. Mengagendakan Surat Masuk dan Surat Keluar
  4. Koordinasi dengan staf administrasi lain

 D. STAF WKS 2 (KEGIATAN)

  1. Membantu pelaksanaan kegiatan kesiswaan
  2. Membuat laporan kegiatan kesiswaan
  3. Mengumpulkan laporan kegiatan yang dilakukan oleh pembina sie bid dan pembina ekstrakurikuler
  4. Koordinasi dengan staf administrasi lain

E. Koordinator OSIS

  1. Menyusun dan membuat program kerja
  2. Bersama WKS 2 membantu, membina, dan mengawasi kegiatan siswa disekolah
  3. Menyusun jadwal kegiatan ekstrakurikuler
  4. Memantau kegiatan ekstrakurikuler
  5. Melaksanakan pengawasan upacara bendera dan kegiatan siswa   lainnya
  6. Membimbing dalam pemilihan pengurus OSIS
  7. Membibing OSIS dalam menyusun program kegiatan
  8. Membimbing kegiatan OSIS
  9. Membimbing dalam penyusunan laporan kegiatan dan pertanggungjawaban pengurus OSIS
  10. Mengevaluasi dan meningkatkan aktivitas dan kreativitas OSIS 

F. Koordniator STP2K

  1. Membina dan meningkatkan terlaksananya 7K (keamanan, kebersihan, kerapihan, ketertiban,keindahan, kekeluargaan dan kenyamanan) dikalangan Siswa.
  2. Menertibkan siswa dalam memasuki lingkungan sekolah dan selama KBM berlangsung.
  3. Meningkatkan disiplin dalam segala  hal dilingkungan sekolah bagi siswa.
  4. Menindak lanjuti laporan guru, wali kelas dan warga sekolah terhadap siswa yang melanggar tata tertib sekolah (hamil/menikah/berambut gondrong/atribut tidak lengkap).
  5. Memberi pertimbangan kepada kepala sekolah untuk menjatuhkan sanksi terhadap siswa yang akan diskors maupun yang akan dikeluarkan dari sekolah.
  6. Mengadakan deteksi dini bila ada indikasi siswa yang terlibat NAPZA,dan Narkoba, terlibat tawuran dan pelanggaran hukum di lingkungan sekolah.
  7. Melaksanakan operasi ketertiban secara mendadak maupun berkala (3 bulan sekali)
  8. Memberi dan menjatuhkan sanksi bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah , selain sanksi skors dan dikeluarkan dari sekolah dengan persetujuan kepala sekolah

G. Koordniator BK

  1. Pengembangan kehidupan pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai bakat dan minat.
  2. Pengembangan kehidupan sosial, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial dan industrial yang harmonis, dinamis, berkeadilan dan bermartabat.
  3. Pengembangan kemampuan belajar, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar untuk mengikuti pendidikan sekolah/madrasah secara mandiri.
  4. Pengembangan karir, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai informasi, serta memilih dan mengambil keputusan karir

H. Sie Bid. I (Keagamaan)PEMBINAAN KEIMANAN DAN KETAKWAAN KETAKWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA

  1. Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing.
  2. Memperingati hari-hari besar agama.
  3. Melaksanakan pembuatan amaliah sesuai dengan norma agama.
  4. Membina toleransi kehidupan antara umat beragama.
  5. Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan.
  6. Menyelenggarakan kegiatan seni yang bernafaskan keagamaan di sekolah.

I. Sie Bid. II (Karakter)PEMBINAAN BUDI PEKERTI LUHUR / AKHLAK MULIA

  1. Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah
  2. Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial)
  3. Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tatakrama pergaulan.
  4. Menumbuhkembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhdadap sesama.
  5. Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
  6. Melaksanakan kegiatan 7K (Keamanan. Kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian dan kerindangan)

J. Sie Bid. III (Kebangsaan)PEMBINAAN KEPRIBADIAN UNGGUL, WAWASAN KEBANGSAAN DAN BELA NEGARA

  1. Melaksanakan upacara bendera pada hari Senin dan/atau hari Sabtu, serta hari-hari besar nasional.
  2. Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne).
  3. Melaksanakan kgiatan kepramukaan.
  4. Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah.
  5. Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan dan semangat perjuangan para pahlawan.
  6. Melaksanakan kegiatan bela negara.
  7. Menjaga dan menghormati simbol-simbol dan lambang-lambang negara.
  8. Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara.

K. Sie Bid. IV (Pembinaan) PEMBINAAN PRESTASI AKADEMIK, SENI DAN/ ATAU OLAH RAGA SESUAI BAKAT DAN MINAT

  1. Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian
  2. Menyelenggarakan kegiatan ilmiah
  3.  Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)
  4.  Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar.
  5.  Mendesain dan memproduksi media pembelajaran.
  6.  Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian.
  7.  Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah.
  8.  Membentuk klub sains, seni dan olahraga
  9.  Menyelenggarakan festival dan lomba seni.
  10.  Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga.

L. Sie Bid. V (Sosial) PEMBINAAN DEMOKRASI, HAK ASASI MANUSIA, PENDIDIKAN POLITIK, LINGKUNGAN             HIDUP,      KEPEKAAN DAN TOLERANSI SOSIAL DALAM KONTEKS MASYARAKT PLURAL

  1. Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing.
  2. Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa.
  3. Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional.
  4. Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat.
  5. Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat, dan pidato
  6. Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan.

M. Sie Bid. VI (Kreativitas)PEMBINAAN KREATIVITAS, KETERAMPILAN DAN KEWIRAUSAHAAN

  1. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna.
  2. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna.
  3. Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi.
  4. Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerin)
  5. Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus

N. Sie Bid. VII (Kesehatan) PEMBINAAN KUALITAS JASMANI, KESEHATAN DAN GIZI BERBASIS SUMBER GIZI YANG TERDIVERSIFIKASI

  1. Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. 
  2. Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS).
  3. Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika. Psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV AIDS.
  4. Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja.
  5. Melaksanakan hidup aktif.
  6. Melakukan diversifikasi pangan.
  7. Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah.

O. Sie Bid. VIII(Budaya) PEMBINAAN SASTRA DAN BUDAYA

  1. Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidaing sastra.
  2. Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya.
  3. Meningkatkan daya cipta sastra.
  4. Meningkatkan apresiasi budaya.

P. Sie Bid. IX (Teknologi) PEMBINAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

  1. Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran
  2. Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi
  3. Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.

Q. Sie Bid. X (Bahasa) PEMBINAAN KOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS

  1. Melaksanakan lomba debat dan pidato
  2. Melaksanakan lomba menulis dan korespondensi.
  3. Melaksanakan kegiatan English Day.
  4. Melaksanakan kegiatan bercerita dalam bahasa Inggris (Story Telling).
  5. Melaksanakan lomba puzzle words/scrabble