Teknik Komputer dan Jaringan


PROFIL KOMPETENSI KEAHLIAN
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK NEGERI 1 KLATEN

  1. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

A.    Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

B.    Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

2.   VISI dan MISI Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

VISI

Terwujudnya Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yang unggul dan menghasilkan lulusan yang profesional dan berkarakter.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam bidang Teknik Komputer dan Jaringan yang berdaya saing dan sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki bekal keahlian sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
  3. Menyiapkan lulusan yang berkarakter dan berwawasan global sehingga dipercaya untuk mengemban amanat pembangunan nasional.
  4. Menjalin kerjasama dengan stakeholder dalam penerepan teknologi komputer dan jaringan.


3.   DISKRIPSI LOGO

Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK Negeri 1 Klaten yang meliputi Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Multimedia (MM) serta Program Keahlian Seni Broadcasting dan Film yang meliputi kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT) bersama-sama menggunakan 1 macam logo.

Tulisan yang ada di bagian bawah logo membedakan ketiga kompetensi keahlian tersebut. Logo di atas memiliki maksud bahwa semua guru Normatif, Adaptif dan Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Multimedia (MM) dan Siaran Program Televisi (PSPT) berkomitmen mendidik siswa agar mereka miliki cita-cita setinggi langit untuk menguasai dan mengembangkan kompetensinya serta mampu berkompetisi di dunia kerja sesuai dengan bidangnya.

 

4.    TUJUAN KOMPETENSI KEAHLIAN

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan adalah :

  1. Mewujudkan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yang unggul dan berdaya saing secara nasional dan internasional.
  2. Meningkatkan mutu pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat yang berbasis Teknik Komputer dan Jaringan secara berkelanjutan.
  3. Menghasilkan lulusan yang berkarakter dalam bidang Teknik Komputer dan Jaringan serta mampu bersaing secara nasional dan internasional.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu berinovasi untuk dapat menciptakan peluang bagi karirnya.
  5. Mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap profesional agar kompeten dalam :
  • Sistem Komputer
  • Komputer dan Jaringan Dasar
  • Pemrograman Dasar
  • Dasar Desain Grafis
  • Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)
  • Administrasi Infrastruktur Jaringan
  • Administrasi Sistem Jaringan
  • Teknologi Layanan Jaringan
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan